Hubungan Waktu Tunggu Dan Empati Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Belakang Soya Kota Ambon

Hattu, Febby Adelvrid (2022) Hubungan Waktu Tunggu Dan Empati Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Belakang Soya Kota Ambon. Undergraduate thesis, Fakultas Kesehatan, Universitas Kristen Indonesia Maluku.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
12114201180208_Skripsi_25 Agustus 2022_Halaman Judul.pdf - Accepted Version

Download (523kB)
[thumbnail of BAB  I] Text (BAB I)
12114201180208_Skripsi_25 Agustus 2022_Bab I.pdf - Accepted Version

Download (153kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
12114201180208_Skripsi_25 Agustus 2022_Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (135kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
12114201180208_Skripsi_25 Agustus 2022_Full Text.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK
Febby Adelvrid Hattu, 2022. “Hubungan waktu tunggu dan empati perawat dengan kepuasan pasien di Puskesmas Belakang Soya Kota Ambon” (dibimbing oleh: N. Parinussa dan F. Manuhutu)

Puskesmas sebagai pemberi jasa pelayanan kesehatan berperan penting dalam penanganan terhadap pasien sebagai upaya memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas sekaligus memberikan kepuasan kepada pasien. Kepuasan pasien merupakan perasaan yang timbul karena kebutuhan, keinginan dan harapan pasien sudah terpenuhi. Standar pelayanan minimal untuk kepuasan pasien yaitu > 95%. Beberapa penelitian menunjukan tingkat kepuasan pasien di puskesmas masih tergolong rendah. Faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien yaitu waktu tunggu dan empati perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan waktu tunggu dan empati perawat dengan kepuasan pasien di Puskesmas Belakang Soya Kota Ambon. Desain penelitian yang digunakan adalah analisa kuantitatif dengan menggunakan rancangan survei Cross Sectional. Jumlah sampel 56 responden. Hasilnya diuji menggunakan uji Chi-Square test dengan tingkat kemaknaan 0,05. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara (1) waktu tunggu dengan kepuasan pasien, nilai p value = 0,004 < 0,05, (2) empati perawat dengan kepuasan pasien, p value = 0,001 < 0,05. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan di Puskesmas.

Kata kunci : Waktu tunggu, Empati Perawat, Kepuasan Pasien


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN/NIDK
Email
Thesis advisor
Parinussa, Nenny
0012118109
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Manuhutu, Feby
1225029301
UNSPECIFIED
Additional Information: Febby Adelvrid Hattu (12114201180208)
Uncontrolled Keywords: Waktu tunggu, Empati Perawat, Kepuasan Pasien
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Keperawatan
Depositing User: Febby Adelvrid Hattu
Date Deposited: 26 Oct 2022 01:57
Last Modified: 26 Oct 2022 01:57
URI: http://repository-kes.ukim.ac.id/id/eprint/46

Actions (login required)

View Item View Item