Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien BPJS di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Masohi Tahun 2022

Paulus, Olivia Aprilyana (2022) Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien BPJS di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Masohi Tahun 2022. Other thesis, Fakultas Kesehatan, Universitas Kristen Indonesia Maluku.

[thumbnail of 12113201180056_SKRIPSI_08_Halaman judul.pdf] Text
12113201180056_SKRIPSI_08_Halaman judul.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (653kB) | Request a copy
[thumbnail of 12113201180056_SKRIPSI_08_BAB I.pdf] Text
12113201180056_SKRIPSI_08_BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (412kB) | Request a copy
[thumbnail of 12113201180056_SKRIPSI_08_Daftar Pustaka.pdf] Text
12113201180056_SKRIPSI_08_Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (297kB) | Request a copy
[thumbnail of 12113201180056_SKRIPSI_08_Full Text.pdf] Text
12113201180056_SKRIPSI_08_Full Text.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator penting yang harus diperhatikan dalam pelayanan kesehatan. dengan demikian kepuasan pasien di rumah sakit tergantung bagaimana pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit. Namun pelayanan yang diberikan masih ada yang belum sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pasien dan kepuasan pasien masih belum sesuai dengan standar. rendahnya angka kepuasan pasien akan berdampak terhadap perkembangan rumah sakit. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah Masohi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor - faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien BPJS di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Masohi Tahun 2022. Penelitian ini menggunakan pendekaran Cross sectional dengan sampel 60 pasien BPJS di ruang rawat inap, analisis data menggunakan data analisis univariat dan bivariat menggunakan Chisquare. teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. hasil penelitian menunjukan bahwa pasien puas (90%). variabel yang berhubungan dengan kepuasan pasien BPJS adalah pelayanan administrasi (p=0,000), pelayanan rujukan (p=0,000) variabel yang tidak berhubungan adalah pelayanan obat (p=0,955). disarankan kepada pihak RSUD masohi agar dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan terutama kecepatan pelayanan dalam pemeriksaan tata persuratan pasien BPJS dalam pelayanan administrasi. pihak RSUD perlu untuk adanya monitoring agar obat- obatan tetap tersedia, pihak RSUD dapat lebih meningkatkan kualitas dalam pelayanan dimana para petugas dapat lebih memakai pakaian yang rapi dan memiliki identitas diri sebagai petugas kesehatan agar lebih dikenal oleh keluarga pasien


Export Record


Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN/NIDK
Email
Author
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Author
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Additional Information: Olivia Aprilyana Paulus (12113201180056)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Administrasi, Pelayanan Obat, Pelayanan Rujukan, Kepuasan Pasien BPJS
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: S1 Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Olivia aprilyana Paulus
Date Deposited: 19 Oct 2022 05:10
Last Modified: 19 Oct 2022 05:10
URI: http://repository-kes.ukim.ac.id/id/eprint/56

Actions (login required)

View Item View Item