Pariury, Fellya Jesica (2022) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Era Pandemic Covid-19 Di Puskesmas Halong Kota Ambon. Undergraduate thesis, Fakultas Kesehatan, Universitas Kristen Indonesia Maluku.
Text
12114201180099_Skripsi_18 Oktober 2022 (1).pdf - Accepted Version Download (1MB) |
|
Text
12114201180099_Skripsi_18 Oktober 2022 (2).pdf - Accepted Version Download (312kB) |
|
Text
12114201180099_Skripsi_18 Oktober 2022 (3).pdf - Accepted Version Download (163kB) |
|
Text
12114201180099_Skripsi_18 Oktober 2022 (4).pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Mutu pelayanan kesehatan adalah kesesuaian antara pelayanan kesehatan yang diberikan dengan kebutuhan yang diinginkan pasien atau kesesuaian dengan ketentuan standar pelayanan. Pada masa pandemi COVID-19, upaya kesehatan masyarakat tetap dilaksanakan dengan memperhatikan skala prioritas. Puskesmas merupakan garda terdepan dalam memutus mata rantai penularan COVID-19, tetap melaksanakan pelayanan dasar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Halong Kota Ambon. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan mutu pelayanan kesehatan di era pandemic covid-19 di Puskesmas Halong Kota Ambon. Penelitian ini menggunakan pendekatan Cross sectional dengan 62 sampel di Puskesmas Halong Kota Ambon, analisis Univariat dan Bivariat menggunakan Chi square. Teknik pengambilan sampel adalah dengan perhitungan menggunakan rumus slovin, alat ukur yang digunakan adalah kuesioner hasil uji statistik dengan uji chi square diperoleh data tidak memenuhi syarat, maka nilai yang dilihat yaitu fisher exact test, dengan hasil penelitian variabel yang berhubungan mutu pelayanan kesehatan di era pandemic covid-19 adalah cepat tanggap ( p value = 0,001 < 0,05), kehandalan ( p value = 0,140 > 0,05, jaminan ( p value = 0,009 < 0,05), empati ( p value = 0,009 < 0,05), bukti langsung ( p value = 0,095 > 0,05). Berdasarkan penelitian ini diharapkan petugas kesehatan puskesmas halong lebih meningkatkan mutu pelyananan kesehatan dengan menjaga keseimbangan antara pemenuhan kebutuhan penanganan pandemic dan pemenuhan dalam pelayanan kesehatan esensial, agar tidak terjadi peningkatan kasus penyakit lain setelah pandemic Covid-19 usai.
Export Record
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors NIDN/NIDK Email Thesis advisor Parinussa, Nenny 0012118109 nennyparinussahan@gmail.com Thesis advisor Manuhutu, Feby 1225029301 nsfebymanuhutu@gmail.com |
Additional Information: | Fellya Jesica Pariury (12114201180099) |
Uncontrolled Keywords: | Cepat Tanggap, Kehandalan, Jaminan, Empati, Bukti Langsung, Mutu Pelayanan Kesehatan |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | S1 Keperawatan |
Depositing User: | Fellya Jesica Pariury |
Date Deposited: | 20 Nov 2022 10:25 |
Last Modified: | 20 Nov 2022 10:25 |
URI: | http://repository-kes.ukim.ac.id/id/eprint/111 |
Actions (login required)
View Item |