Jan, Fransina Kristina (2022) Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan pada Pasien Rujukan BPJS di RSUD Tiakur. Undergraduate thesis, Fakultas Kesehatan, Universitas Kristen Indonesia Maluku.
Text
12113201180108_SKRIPSI_11_Halaman Judul.pdf - Accepted Version Download (542kB) |
|
Text
12113201180108_SKRIPSI_11_BAB I.pdf - Accepted Version Download (176kB) |
|
Text
12113201180108_SKRIPSI_11_Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (152kB) |
|
Text
12113201180108_SKRIPSI_11_Full Text.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pelayanan BPJS Kesehatan dilaksanakan secara berjenjang sesuai kebutuhan medis dan kemampuan dan kompetensi Fasilitas Kesehatan dimulai dari FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) dimana peserta terdaftar, terkecuali dalam kondisi kegawatdaruratan medis. Menurut Undang-undang No. 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit bahwa Sistem rujukan merupakan penyelenggaraan kesehatan yang mengatur pelimpahan tugas dan tanggung jawab secara timbal balik baik vertikal maupun horizontal, maupun struktural dan fungsional terhadap kasus penyakit atau masalah penyakit atau permasalahan kesehatan. Pelaksanaan sistem rujukan dilakukan apabila fasilitas pelayanan kesehatan bersangkutan mengalami keterbatasan sumber daya (sarana, prasarana, alat, tenaga, anggaran/uang) dan kompetensi serta kewenangan untuk mengatasi suatu kondisi, baik yang sifatnya sementara ataupun menetap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan pelayanan kesehatan pada pasien rujukan BPJS. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian potong lintang atau Cross Sectional. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik total sampling yaitu pengambilan sampel secara keseluruhan yaitu sebanyak 67 responden. Uji analisis dalam penelitian ini menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara fasilitas kesehatan dengan pelayanan pasien rujukan BPJS dengan nilai (p=0,238), ada hubungan antara sumber daya (dokter spesialis) dengan pelayanan pasien rujukan BPJS dengan nilai (p=0,000), ada hubungan antara sistem komunikasi dengan pelayanan pasien rujukan BPJS dengan nilai (p=0,002). Saran penelitian ini bagi RSUD Tiakur untuk dapat menyediakan alur pelayanan sistem rujukan BPJS, melengkapi ketenagaan sumber daya (dokter spesialis), serta perangkat komunikasi dalam sistem rujukan agar pelayanan pasien rujukan BPJS dapat berjalan dengan efektif dan efisien.
Export Record
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors NIDN/NIDK Email Thesis advisor Huliselan, Hesina J 1208025301 UNSPECIFIED Thesis advisor Jotlely, Hery 8856570018 UNSPECIFIED |
Additional Information: | Fransina Kristina Jan (12113201180108) |
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Kesehatan Rujukan BPJS, Fasilitas Kesehatan, Sumber Daya (Dokter Spesialis), Sistem Komunikasi |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | S1 Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Fransina Kristina Jan |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 02:01 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 02:01 |
URI: | http://repository-kes.ukim.ac.id/id/eprint/65 |
Actions (login required)
View Item |