Tupamahu, Ganezia Monalisa (2022) Hubungan komunikasi terapeutik dan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien ruang rawat inap di RSUD Masohi. Undergraduate thesis, Fakultas kesehatan, universitas kristen indonesia maluku.
Text
12114201180182_SKRIPSI_11 Oktober 2022_ Halaman Judul.pdf - Accepted Version Download (995kB) |
|
Text
12114201180182_SKRIPSI_11 Oktober 2022_BAB I.pdf - Accepted Version Download (321kB) |
|
Text
12114201180182_SKRIPSI_11 Oktober 2022_Daftar pustaka.pdf - Accepted Version Download (398kB) |
|
Text
12114201180182_SKRIPSI_11 Oktober 2022_Full Text.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja pelayanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Standar pelayanan minimal untuk kepuasan pasien yaitu >95%. Beberapa penelitian menunjukan tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit masih tergolong rendah. Faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien yaitu komunikasi terapeutik dan perilaku caring perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik dan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien ruang rawat inap di RSUD Masohi. Desain penelitian ini yang digunakan adalah analisa kuantitatif dengan menggunakan rancangan survey cross sectional. Jumlah sampel 72 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling, instrument penelitian berupa kuesioner. Hasil analisis data menggunakan uji alternatif Fisher’s Exact test dengan tingkat kemaknaan α=0,05. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara (1) komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien, nilai p value = 0,037 <0,05, hubungan antara (2) perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien, p value = 0,001 <0,05. Dari penelitian ini disarankan dapat menjadi bahan informasi dan bermanfaat dalam mengembangkan komunikasi terapeutik dan perilaku caring perawat pada tempat pelayanan kesehatan untuk meningkatkan pelayanan dan pemenuhan rasa aman serta kepuasan pasien.
Kata kunci : Komunikasi Terapeutik, Perilaku Caring Perawat, Kepuasan Pasien
Export Record
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors NIDN/NIDK Email Thesis advisor Parinussa, Nenny 0012118109 UNSPECIFIED Thesis advisor Manuhutu, Feby 1225029301 UNSPECIFIED |
Additional Information: | Ganezia Monalisa Tupamahu (12114201180182) |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Terapeutik, Perilaku Caring Perawat, Kepuasan Pasien |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | S1 Keperawatan |
Depositing User: | Ganezia Monalisa Tupamahu |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 02:59 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 02:59 |
URI: | http://repository-kes.ukim.ac.id/id/eprint/81 |
Actions (login required)
View Item |