Leterulu, Karel (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KAIRATU BARAT KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT. Undergraduate thesis, Fakultas Kesehatan, Universitas Kristen Indonesia Maluku.
Text
12114201180128_HalamanJudul_101122.pdf - Accepted Version Download (495kB) |
|
Text
12114201180128_BAB I_101122.pdf - Accepted Version Download (319kB) |
|
Text
12114201180128_DaftarPustaka_101122.pdf - Accepted Version Download (216kB) |
|
Text
12114201180128_SKRIPSI_101122.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan dasar yang menyelanggarakan upaya kesehatan pemeliharaan, peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (prefentif) penyembuhan penyakit (kuratif), dan pemulihan kesehatan (rehabilitative), yang di laksanakan secara menyeluruh, terpadu dan berkesenambungan. Pelayanan kesehatan yang diberikan puskesmas bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki perilaku kesehatan dan memilki derajat kesehatan yang optimal, baik individu, keluarga, kelompok dan masyarakat sehingga tercipta kepuasan pasien. Kepuasan pasien adalah wujud perasan pasien dan tingkatan perasaan yang muncul sebagai respon umpan balik dari layanan kesehatan yang diperoleh oleh pasien. terdapat 5 faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien yaitu kehandalan, bukti fisik, jaminan, ketanggapan, dan empati. Faktor yang cenderung menjadi masalah kepuasan pasien di Puskesmas Kairatu Barat yaitu kehandalan, jaminan dan empati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Kairatu Barat Kabupaten Seram Bagian Barat. Desain penelitian yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif dengan menggunakan rancangan Survei Cross Sectional. Jumlah sampel 63 responden. Hasilnya diuji menggunakan uji Chi-Square test dengan tingkat kemaknaan 0,05. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara (1) Kehandalan dengan kepuasan pasien , nilai p value = 0,000 < 0,05, (2) Jaminan dengan kepuasan pasien, p value = 0,000 < 0,05, (3) Empati dengan kepuasan pasien, p value = 0,000 < 0,05. Diharapkan penilitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan di Puskesmas.
Export Record
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors NIDN/NIDK Email Thesis advisor Parinussa, Nenny 0012118109 parinussanenny@gmail.com Thesis advisor Manuhutu, Feby 1205029301 feby.manuhutu191212@gmail.com |
Additional Information: | Dominggus Karel Leterulu 12114201180128 |
Uncontrolled Keywords: | Kehandalan, Jaminan, Empati, Kepuasan Pasien |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | S1 Keperawatan |
Depositing User: | Karel Leterulu |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 03:42 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 03:42 |
URI: | http://repository-kes.ukim.ac.id/id/eprint/163 |
Actions (login required)
View Item |