Hattu, Febby Adelvrid (2022) Hubungan Waktu Tunggu Dan Empati Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Belakang Soya Kota Ambon. Undergraduate thesis, Fakultas Kesehatan, Universitas Kristen Indonesia Maluku.
Text (Halaman Judul)
12114201180208_Skripsi_25 Agustus 2022_Halaman Judul.pdf - Accepted Version Download (523kB) |
|
Text (BAB I)
12114201180208_Skripsi_25 Agustus 2022_Bab I.pdf - Accepted Version Download (153kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
12114201180208_Skripsi_25 Agustus 2022_Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (135kB) |
|
Text (Full Text)
12114201180208_Skripsi_25 Agustus 2022_Full Text.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Febby Adelvrid Hattu, 2022. “Hubungan waktu tunggu dan empati perawat dengan kepuasan pasien di Puskesmas Belakang Soya Kota Ambon” (dibimbing oleh: N. Parinussa dan F. Manuhutu)
Puskesmas sebagai pemberi jasa pelayanan kesehatan berperan penting dalam penanganan terhadap pasien sebagai upaya memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas sekaligus memberikan kepuasan kepada pasien. Kepuasan pasien merupakan perasaan yang timbul karena kebutuhan, keinginan dan harapan pasien sudah terpenuhi. Standar pelayanan minimal untuk kepuasan pasien yaitu > 95%. Beberapa penelitian menunjukan tingkat kepuasan pasien di puskesmas masih tergolong rendah. Faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien yaitu waktu tunggu dan empati perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan waktu tunggu dan empati perawat dengan kepuasan pasien di Puskesmas Belakang Soya Kota Ambon. Desain penelitian yang digunakan adalah analisa kuantitatif dengan menggunakan rancangan survei Cross Sectional. Jumlah sampel 56 responden. Hasilnya diuji menggunakan uji Chi-Square test dengan tingkat kemaknaan 0,05. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara (1) waktu tunggu dengan kepuasan pasien, nilai p value = 0,004 < 0,05, (2) empati perawat dengan kepuasan pasien, p value = 0,001 < 0,05. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan di Puskesmas.
Kata kunci : Waktu tunggu, Empati Perawat, Kepuasan Pasien
Export Record
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors NIDN/NIDK Email Thesis advisor Parinussa, Nenny 0012118109 UNSPECIFIED Thesis advisor Manuhutu, Feby 1225029301 UNSPECIFIED |
Additional Information: | Febby Adelvrid Hattu (12114201180208) |
Uncontrolled Keywords: | Waktu tunggu, Empati Perawat, Kepuasan Pasien |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | S1 Keperawatan |
Depositing User: | Febby Adelvrid Hattu |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 01:57 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 01:57 |
URI: | http://repository-kes.ukim.ac.id/id/eprint/46 |
Actions (login required)
View Item |