Benamen, Ansori (2023) HUBUNGAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DENGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN PASIEN PUSKESMAS SIWALIMA KABUPATEN KEPULAUAN ARU. Undergraduate thesis, Fakultas Kesehatan, Universitas Kristen Indonesia Maluku.
Preview |
Text
12114201190020_SKRIPSI_02112023 COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
12114201190020_SKRIPSI_02112023_BAB 1.pdf Download (288kB) | Preview |
Preview |
Text
12114201190020_SKRIPSI_02112023_DAFTAR PUSTAKA (2).pdf Download (265kB) | Preview |
Text
12114201190020_SKRIPSI_02112023_FULL Ansori Benamen.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang: Kualitas pelayanan kesehatan merupakan wujud dari hasil kinerja tenaga kesehatan yang menghasilkan kepuasan dari masyarakat dalam pemanfaatan pelayanan tersebut. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator pengukur kesesuaian dan ketidaksesuaian antar pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, sehingga akan terdapat puas atau tidaknya perasaan pasien terhadap pelayanan yang telah diperoleh. Tujuan penelitian: Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan indeks kepuasan masyarakat dengan kualitas pelayanan kesehatan rawat jalan pasien di Puskesmas Siwalima Kabupaten Kepulauan Aru. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif, pada penelitian ini adalah sebanyak 235 pasien dengan sampel sebanyak 70 responden dengan pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik purposive. Hasil penenlitian: Berdasarkan hasil uji statistik Chi-Square yaitu dengan hasil terdapat hubungan yang signifikan antara pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di wilayah kerja Puskesmas Siwalima. Kesimpulan: Dengan nilai (p value = 0,000 < 0,05). Dari penelitian ini disarankan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Aru melalui Puskesmas Siwalima dapat lebih mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan yang sudah diberikan selama ini dan segera memperbaiki keluhan-keluhan pasien. Hal ini juga terbukti dari hasil penelitian bahwa variabel pelayanan kesehatan langsung memiliki hubungan yang paling rendah dimana terdapat keluhan pasien berupa petugas kesehatan yang menggunakan telepon genggam saat memberikan pelayanan dan kurangnya keramahan petugas administrasi dan masih lemahnya sistem pendataan pasien karena masih menggunakan sistem manual.
Export Record
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors NIDN/NIDK Email Thesis advisor Parinussa, Nenny 0012118109 UNSPECIFIED Thesis advisor Manuhutu, Febby 1225029301 UNSPECIFIED |
Additional Information: | Ansori Benamen (12114201190020) |
Uncontrolled Keywords: | Indeks kepuasan masyarajat, pelayanan kesehatan |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | S1 Keperawatan |
Depositing User: | Ansori Benamen |
Date Deposited: | 04 Dec 2023 03:09 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 03:09 |
URI: | http://repository-kes.ukim.ac.id/id/eprint/561 |
Actions (login required)
View Item |