FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KAIRATU BARAT KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT

Leterulu, Karel (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KAIRATU BARAT KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT. Undergraduate thesis, Fakultas Kesehatan, Universitas Kristen Indonesia Maluku.

[thumbnail of 12114201180128_HalamanJudul_101122.pdf] Text
12114201180128_HalamanJudul_101122.pdf - Accepted Version

Download (495kB)
[thumbnail of 12114201180128_BAB I_101122.pdf] Text
12114201180128_BAB I_101122.pdf - Accepted Version

Download (319kB)
[thumbnail of 12114201180128_DaftarPustaka_101122.pdf] Text
12114201180128_DaftarPustaka_101122.pdf - Accepted Version

Download (216kB)
[thumbnail of 12114201180128_SKRIPSI_101122.pdf] Text
12114201180128_SKRIPSI_101122.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan dasar yang menyelanggarakan upaya kesehatan pemeliharaan, peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (prefentif) penyembuhan penyakit (kuratif), dan pemulihan kesehatan (rehabilitative), yang di laksanakan secara menyeluruh, terpadu dan berkesenambungan. Pelayanan kesehatan yang diberikan puskesmas bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki perilaku kesehatan dan memilki derajat kesehatan yang optimal, baik individu, keluarga, kelompok dan masyarakat sehingga tercipta kepuasan pasien. Kepuasan pasien adalah wujud perasan pasien dan tingkatan perasaan yang muncul sebagai respon umpan balik dari layanan kesehatan yang diperoleh oleh pasien. terdapat 5 faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien yaitu kehandalan, bukti fisik, jaminan, ketanggapan, dan empati. Faktor yang cenderung menjadi masalah kepuasan pasien di Puskesmas Kairatu Barat yaitu kehandalan, jaminan dan empati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Kairatu Barat Kabupaten Seram Bagian Barat. Desain penelitian yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif dengan menggunakan rancangan Survei Cross Sectional. Jumlah sampel 63 responden. Hasilnya diuji menggunakan uji Chi-Square test dengan tingkat kemaknaan 0,05. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara (1) Kehandalan dengan kepuasan pasien , nilai p value = 0,000 < 0,05, (2) Jaminan dengan kepuasan pasien, p value = 0,000 < 0,05, (3) Empati dengan kepuasan pasien, p value = 0,000 < 0,05. Diharapkan penilitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan di Puskesmas.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN/NIDK
Email
Thesis advisor
Parinussa, Nenny
0012118109
parinussanenny@gmail.com
Thesis advisor
Manuhutu, Feby
1205029301
feby.manuhutu191212@gmail.com
Additional Information: Dominggus Karel Leterulu 12114201180128
Uncontrolled Keywords: Kehandalan, Jaminan, Empati, Kepuasan Pasien
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: S1 Keperawatan
Depositing User: Karel Leterulu
Date Deposited: 14 Dec 2022 03:42
Last Modified: 14 Dec 2022 03:42
URI: http://repository-kes.ukim.ac.id/id/eprint/163

Actions (login required)

View Item View Item